Senin, 17 Maret 2014

pengertian tata cahaya

Lighting atau disebut juga Tata Cahaya atau Pencahayaan yang dilakukan dalam proses produksi Film dan atau acara Televisi,penataan cahaya dilakukan untuk menambah nilai Artistic pada gambaragar gambar tersebut lebih berdimensi dan mempunyai kedalaman ruang. LIghting atau disebut juga Tata Cahaya atau Pencahayaan yang dilakukan dalam proses produksi Film dan atau acaraTelevisi,penataan cahaya dilakukan untuk menambah nilai Artistic pada gambaragar gambar tersebut lebih berdimensi dan mempunyai kedalaman ruang. Fungsi lain tata cahaya adalah untuk membantu memberikan penerangann untuk panggung yang besar seperti konser musik dan acara-acara yang menggunakan panggung besar lainya.
  1. JENIS SUMBER PENCAHAYAAN
Secara sederhana ada 2 jenis pencahayaan, yaitu :
  1. Pencahayaan alami (original light) dan
  2. Pencahayaan buatan/tiruan (Artifical Light)
  1. Pencahayaan alami atau original light, yaitu cahaya yang berasal dari matahari dan bulan.
  2. buatan/tiruan (Artifical Light), yaitu cahaya yang dibuat oleh manusia contohnya seperti lampu pementasan yang berfungsi sebagai penghidup acara yang sedang dilaksanakan dan sebagai penambah nilai estetika.


 POINTS OF LIGHT
Ini menjadi rumusan atau formuladasar sebuah pencahayaandalam produksivideo, film, dan foto. Tiga point itu terdiri atas :
  1. Key light adalah penyinaran pertama yang jatuh pada objek, yang menghasilkan bayangan yang kuat.
  2. Fill light adalah penyinaran yang digunakan untuk melunakan bayangan yang dihasilkan key light. Identitas pencahayaan fill light biasanya setengah dari key light.
  3. Back light adalah penyinaran dari belakang objek mengenai kepala dan  bahu, membentuk garis tepi atau rim dari objek yang berfungsi untuk dimensi agar objek tidak “menyatu” dengan latar belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar